9 Hal yang Paling Sering Dikeluhkan Tamu dari Resepsi Pernikahan

Pernikahan menjadi hari bahagia yang kamu tunggu-tunggu. Tentunya, di hari spesial ini kamu dan pasangan ingin momen mengikat janji sehidup semati ini disaksikan oleh orang-orang terdekatmu. Tak heran, kamu merasa harus mengundang kerabat dan teman-teman terdekat dalam resepsi pernikahan. Namun, kamu juga harus memastikan tamu yang datang akan enjoy di pesta kalian karena tentu saja kebahagiaan tamu menjadi kebahagiaanmu juga. Kalau kamu ingin memberikan pelayanan terbaik kepada para tamu undangan, maka hindari hal-hal seperti ini.

  1. Pernikahan di tanggal liburan
    Mungkin ada beberapa orang yang berpikir akan mengadakan pesta pernikahan di musim liburan, seperti saat Natal dan tahun baru. Namun, kamu harus memikirkannya sebelum meminta tamu untuk datang ke pernikahanmu di waktu liburan seperti itu. Pasalnya, biasanya orang-orang sudah mempunyai tradisi saat hari libur bersama keluarga mereka. Kalau hari pernikahan kamu ternyata bersamaan dengan holiday season, ada baiknya kamu beri tahu orang-orang yang akan kamu undang sejak jauh-jauh hari agar mereka sudah menyediakan waktu untuk hadir dalam acaramu.
  2. Tamu yang membawa banyak anggota keluarga
    Jangan biarkan tamu undangan yang hadir melebihi kapasitas yang sudah kamu pikirkan sebelumnya. Jika memang nggak ingin tamu undangan membawa banyak anggota keluarga dalam acaramu, maka sebaiknya kamu katakan hal itu sejak awal supaya tidak ada miskomunikasi. Tulis saja dalam undanganmu bahwa undangan itu berlaku hanya untuk 2 orang. Tentunya kamu tidak akan merasa kewalahan karena tamu yang datang melebihi kapasitasmu.
  3. Tempat duduk yang tidak nyaman 
    Mungkin kamu mengundang beberapa tamu VIP, seperti rekan bisnis atau bos dari tempatmu bekerja. Mengatur tempat duduk untuk para tamu seperti ini tentunya dirasa sangat penting. Saat acara resepsi mungkin kamu tidak akan bisa mengatur mereka duduk di mana saja. Maka sebaiknya kamu sudah mempersiapkan tempat duduk berbeda-beda untuk keluarga, tamu VIP, dan teman-teman masa sekolahmu. Hal ini bisa membuat tamu undangan yang datang menjadi lebih nyaman.
  4. Cuaca yang tidak bersahabat
    Memilih tanggal pernikahan di cuaca yang baik tentu saja menjadi salah satu yang utama yang harus dipikirkan. Namun, musim di Indonesia saat ini kerap kali tidak bisa diprediksi. Jika kamu harus membuat pesta pernikahan di musim hujan, seperti di bulan Oktober hingga Maret, maka kamu bisa siasati dengan mengadakan resepsi di dalam gedung, bukan di tempat outdoor. Kamu juga bisa membuat tamu undangan merasa nyaman dengan memberikan suvenir pernikahan berupa payung atau syal untuk menghangatkan tubuh meski cuaca sedang hujan.
  5. Makanan Tidak enak atau sudah habis
    Tidak ada pengantin yang ingin memberikan tamu-tamunya makanan yang buruk atau bahkan membuat mereka nggak bisa makan karena sudah kehabisan makanan. Berikanlah para tamu makanan yang terbaik dan sesuai dengan jumlah tamu yang kamu undang. Dekorasi yang indah tentunya nggak cukup membuat tamu nyaman jika mereka tidak dapat makanan yang lezat dalam pesta pernikahanmu. Tentu saja kamu pun nggak mau, kan, kalau setelah resepsi nanti kamu malah mendapat omongan yang tidak enak lantaran makanannya sudah habis ketika pestamu baru saja dimulai?
  6. Konsep acara yang berantakan
    Selain memikirkan soal makanan, kamu juga perlu memikirkan konsep resepsi pernikahanmu dengan matang. Siapkan panitia terbaik yang bisa membantu pestamu agar berjalan dengan lancar. Tentunya kamu nggak mau kalau acaramu menjadi berantakan dan nggak sesuai dengan arahan yang sudah dibicarakan sebelum hari H. Misalnya, terlalu lama sesi foto-foto keluarga dan kerabat dekat sehingga membuat tamu undangan tak sabar. Kamu bisa menyiasatinya dengan menyiapkan snack atau makanan ringan untuk para tamu agar mereka tidak bosan menunggu giliran berfoto dengan pengantin.
  7. Pernikahana yang terlalu pagi
    Mengadakan pesta pernikahan juga perlu memikirkan waktu yang pas. Pada umumnya, akad nikah dilakukan di pagi, siang, atau sore hari. Namun, jika kamu ingin membuat tamu yang datang tetap merasa nyaman, sebaiknya janganlah kamu memilih waktu yang terlalu pagi untuk mengikat janji setia itu. Pasalnya, para tamu juga harus mempersiapkan diri dan berdandan cantik di pesta bahagiamu dan hal ini membutuhkan waktu.
  8. Pesta yang sunyi
    Musik dalam pesta pernikahan juga dibutuhkan agar dapat menciptakan atmosfer yang romantis dalam ruangan. Oleh karenanya, siapkanlah pengiring musik yang pas dengan nuansa pestamu. Jika kamu memilih mengadakan pesta dengan adat dari suatu daerah, maka siapkanlah musik yang sesuai dengan adat tersebut. Pesta yang sunyi tanpa alunan musik membuat tamu akan bosan berada dalam acaramu.
  9. Tamu undangan yang terlalu banyak
    Pesta pernikahan menjadi momen yang penting, bukan hanya untukmu tetapi juga untuk kedua orangtua. Bahkan, nggak heran kalau tamu yang diundang oleh orangtuamu lebih banyak daripada tamu undanganmu sendiri. Terlalu banyak tamu yang datang akan membuat tempat resepsimu penuh sesak dan pastinya nggak akan nyaman. Untuk menyiasatinya, kamu bisa membagi antara tamu yang datang di siang hari dan tamu yang datang di malam hari.Ternyata, membuat pesta pernikahan sesuai impian itu susah-susah gampang ya?. Di antara semua itu, mana yang pernah kamu alami saat menghadiri pesta pernikahan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.